ARM Luncurkan Cortex A-17: Prosesor Kencang Irit Daya

Cortex A-17

Perkembangan prosesor tidak hanya berkutat pada peningkatan performa, tapi juga peningkatan efisiensi konsumsi daya. Dengan arsitektur yang lebih efisien, konsumsi daya dapat ditekan sehingga meningkatkan daya tahan baterai. Nah, ARM kembali menghadirkan produk terbarunya yang diberi nama Cortex A-17 dengan prioritas efisiensi konsumsi daya.

Dikembangkannya prosesor Cortex A-17 adalah upaya dari ARM untuk menghadirkan prosesor bertenaga dengan konsumsi daya yang irit. Prosesor ini ditujukan untuk smartphone kelas menengah yang sedang tumbuh sangat pesat.

Seberapa kencangkah Cortex A-17? Jika melihat dari arsitektur yang mengambil dasar arsitektur dari Cortex A-15 (Krait), bisa dipastikan prosesor terbaru dari ARM ini mampu menangani beban komputasi yang berat dengan sangat cepat. Sebagai informasi, Cortex A-15 merupakan dasar acuan dari pengembangan seri prosesor Snapdragon 400, 600, dan 800 dari Qualcomm yang sudah sangat populer.

Selain mencontoh arsitektur Cortex-15, prosesor ARM Cortex-A17 juga mengambil contoh efisiensi daya yang ditunjukkan seri Cortex A-9. Berbekal pemanfaatan teknologi komputasi big.Little, Cortex A-17 mampu mengelola daya dengan baik. Cortex A-17 akan mengurangi konsumsi daya apabila smartphone hanya digunakan untuk melakukan kegiatan seperti browsing, streaming, dan chatting, dan akan meningkatkan asupan tenaga bila mendeteksi penggunaan berat seperti saat bermain game, sehingga Cortex A-17 akan lebih efisien mengatur daya.

Berbekal kecepatan dan efisiensi daya yang dimilikinya, Cortex A-17 rencananya tidak hanya dipasarkan untuk smartphone dan tablet saja, tapi juga dapat digunakan di Smart TV. Prosesor ARM Cortex A-17 sendiri rencananya baru mulai akan memasuki pasar mulai awal tahun 2015. Jadi diperkirakan kita baru akan melihat smartphone dengan prosesor Cortex A-17 mulai pertengahan tahun depan. Tech in Geek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *