FingerReader

FingerReader

Sebuah teknologi yang ditujukan untuk membantu para tuna netra baru saja diciptakan oleh para peneliti di MIT. Teknologi tersebut berupa sebuah cincin yang dibuat dengan teknik printer 3D bernama FingerReader. Seperti namanya, FingerReader ini berfungsi untuk membacakan teks kepada para pemakainya.

Perangkat ini membantu bagi mereka yang tidak mempunyai penghlihatan normal atau para tuna netra. Cara penggunaannya pun sangat sederhana. Pengguna cincin ini tinggal menunjuk pada teks yang ingin dibacanya. Setelah itu, maka cincin ini akan secara otomatis membacakan teks tersebut dengan suara yang cukup nyaring.

Hal ini dianggap mampu memberikan solusi yang lebih fleksibel kepada para tuna netra, terlebih dibandingkan dengan perangkat bertujuan serupa yang saat ini ditawarkan. Ditambah lagi, FingerReader ini mempunyai bentuk yang mungil dan mudah untuk dibawa ke mana-mana. Dan pada saat ingin menggunakannya, tinggal menghubungkan FingerReader ini ke sebuah handphone ataupun laptop.

Namun terdapat keterbatasan pada alat yang satu ini. Keterbatasan tersebut terletak pada kemampuannya yang hanya mampu membaca tulisan dengan ukuran font minimal 12. Lebih kecil daripada itu, maka alat ini tidak akan bisa membacanya secara akurat. Kalau Anda penasaran dengan kemampuan FingerReader ini, bisa melihat pada video di bawah ini. Tech In Geek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *