Laptop Jatuh! Jangan Panik, Lakukan 5 Langkah Pemeriksaan Ini Dulu!

Laptop Jatuh! Jangan Panik, Lakukan 5 Langkah Pemeriksaan Ini Dulu!

Laptop merupakan perangkat penting bagi pekerja dan mahasiswa yang memiliki mobilitas tinggi. Dengan menggunakan laptop, semua pekerjaan yang harus dilakukan dengan komputer pribadi bisa dikerjakan di mana pun. Idealnya, Anda seharusnya memakai laptop di permukaan yang datar, di mana Anda bisa meletakkannya. Tapi lebih sering terjadi adalah, Anda menggunakan laptop di pangkuan Anda, yang sangat berpotensi untuk membuat laptop jatuh.

Ketika laptop yang Anda pakai menghantam lantai, Anda pasti akan langsung ketakutan. Apalagi kalau di dalamnya, laptop menyimpan banyak file-file pekerjaan yang penting. Tapi jangan langsung panik! Ketika laptop jatuh dan menghantam lantai, Anda harus tetap menjaga pikiran tetap tenang agar bisa berpikir. Ambil laptop dengan hati-hati dari lantai dengan kedua tangan Anda, dan periksalah.

Ini yang harus Anda lakukan sebagai pertolongan pertama ketika laptop jatuh:

  1. Periksa fisiknya

Pertama-tama, periksa dulu fisik laptop Anda yang jatuh tersebut, terutama di port USB, LAN, dan kabel-kabelnya. Karena port USB tersebut tersambung dengan motherboard, berharaplah bahwa port tersebut tak apa-apa.

  1. Periksa layar

Lihat layar laptop, adakah garis atau keretakan di sana? Jika laptop jatuh dengan layar lebih dahulu menghantam lantai, bisa jadiĀ  layar rusak.

  1. Periksa tombol power

Periksa apakah laptop masih bisa dinyalakan. Waspadalah jika laptop yang menyala jatuh dan tiba-tiba mati, karena pasti ada kerusakan pada motherboard. Kalau laptop tak mau menyala, Anda harus membongkarnya.

  1. Dengarkan suara-suara aneh

Jika saat dinyalakan laptop mengeluarkan suara aneh seperti ketukan, bisa jadi RAM laptop mengalami kerusakan. Matikan laptop, bongkar, goyang sedikit untuk mencari sumbernya.

  1. Periksa OS

Saat dihidupkan, ketika terdengar suara gesekan, bisa jadi hard disk Anda rusak dan tidak bisa booting sama sekali. Ini berarti Anda harus install OS ulang.

Tidak ada orang yang ingin laptop kesayangannya jatuh dan mengalami kerusakan yang parah. Tapi ketika sedang sial, dan laptop terjatuh, maka tak ada cara lain kecuali memeriksanya untuk memastikan bahwa laptop tak mengalami masalah lebih lanjut. Periksa apakah HDD mengalami bad sector, dan lakukan backup sehingga data-data Anda masih terselamatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *