Kekurangan dan Kelebihan Jaringan 4G di Indonesia

Kekurangan dan Kelebihan Jaringan 4G di Indonesia

Saat ini, dengan adanya perkembangan teknologi yang makin maju membuat internet pun terus diinovasikan. Untuk inovasi jaringan internet terbaru yang bisa anda temukan ialah jaringan 4G atau 4G LTE. Kekurangan dan kelebihan jaringan 4G di Indonesia sendiri tentu saja ada. Namun, sebelum bahas lebih jauh mengenai hal tersebut, kita bahas terlebih dahulu mengenai jaringan 4G LTE. Jaringan ini merupakan generasi keempat jaringan internet yang bisa dinikmati oleh masyarakat sekarang. Berbeda dengan 3G, jaringan 4G dengan teknologi LTE ini nyatanya mempunyai kelebihan dibandingkan dengan jaringan sebelumnya. Apa saja kelebihan yang ada pada jaringan yang satu ini?

Kelebihan jaringan 4G di Indonesia yang dapat masyarakat nikmati ialah kecepatan transfer data yang ditawarkan. Seperti yang telah diketahui bahwa dalam jaringan 3G, kualitas kecepatan data memang tidak terlalu baik sebab konsumen masih cukup sering mengeluhkannya. Akan tetapi, dengan teknologi OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) yang ada di 4G LTE, masyarakat tentu saja bisa melalukan berbagai macam aktivitas internet yang kurang maksimal saat masih menggunakan jaringan sebelumnya. Di Indonesia sendiri, kecepatan transfer data yang bisa dinikmati yaitu 1800MHz yang memungkinkan banyak orang untuk melakukan streaming atau download dengan cepat. Dengan begitu, jaringan internet generasi keempat ini sangat mendukung aktivitas masyarakat modern sekarang.

Sedangkan untuk kekurangannya ialah jaringan 4G LTE ini ternyata belum begitu merata di semua daerah Indonesia. Biaya infrastruktur untuk jaringan yang baru menjadi faktor utama mengapa tidak semua daerah terutama pelosok bisa menikmati kecepatan internet 4G LTE ini. Selain itu, peralatan baru yang masih harus diinstal juga menjadi kekurangan jaringan yang satu ini. Tapi, terlepas dari kekurangan dan juga kelebihan jaringan 4G di Indonesia di atas, salah satu operator selular Indosat Ooredoo terus melakukan inovasi agar semua masyarakat Indonesia bisa dapatkan sinyal jaringan ini. Terbukti, telah ada lebih dari 20 kota di Indonesia yang bisa menggunakan 4G LTE secara maksimal dan nantinya cakupan jaringan akan terus diperluas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *