Perkembangan Teknologi Jaringan dari 1G Hingga 4G

Perkembangan Teknologi Jaringan dari 1G Hingga 4G
Perkembangan Teknologi Jaringan dari 1G Hingga 4G

Perkembangan jaringan 4G Indonesia semakin kesini tentu mengalami perkembangan yang sangat pesat dan tentunya semakin canggih. Tidak hanya teknologi pada perangkat, teknologi jaringan pun demikian, yang awalnya muncul 1G, kemudian 2G, 3G, dan kini yang terbaru adalah 4G. Jaringan internet terbaru 4G sendiri telah dipakai di banyak negara, dan termasuk juga Indonesia. Jaringan 4G Indonesia bisa dikatakan sudah mumpuni seusai diluncurkannya beberapa tahun silam. Jaringan yang menawarkan akses internet dengan kecepatan yang tinggi ini memang telah menyita banyak perhatian oleh para pengguna aktif internet. Operator seluler di Indonesia sendiri pun kian memberikan penawaran dalam paket internet di jaringan 4G. Salah satu operator seluler yang memberikan dukungan pada jaringan 4G Indonesia adalah Indosat Ooredoo.

Nah, dengan perkembangan teknologi jaringan internet yang semakin canggih seperti saat ini sudah ada 4G, apakah anda mengetahui mengenai sejarahnya jaringan 4G bisa hadir ? Berikut ini sejarah singkat perkembangan jaringan dari 1G, 2G, 3G hingga ke 4G.

Jaringan 1G

Jaringan internet generasi pertama atau 1G ini pertama kali muncul saat AMPS di Amerika menjalani kerja sama dengan TACS serta NMT di Eropa merancang terbosan baru pada teknologi jaringan, dan itu terjadi pada tahun 1980. Jaringan 1G merupakan teknologi jaringan analog.

Jaringan 2G

Jaringan 2G muncul di era tahun 90-an, dimana jaringan ini sudah bukan teknologi jaringan analog lagi, melainkan seluler digital yang pertama. Jaringan 2G mempunyai fitur CSD, jadi transfer data pun lebih cepat dibandingkan 1G. Namun CSD ini terkenal boros. Kemudian diperbarui lagi dengan GPRS di jaringan 2.5G.

Jaringan 3G

Sekitar tahun 2003, munculah teknologi jaringan generasi ketiga atau 3G. Teknologi EVDO Rev 0 di CDMA2000 serta UMTS di GSM menjadi awal mulanya tercetus 3G. Jaringan ini lebih baik lagi dan juga tak perlu mengupgrade hardware. Kecepatan akses internet EDGE yang ada pada 3G dua kali lebih baik dibandingkan dengan GPRS. Setelah itu akses data 3G diperbarui lagi dengan hadirnya HSDPA atau disebut pada jaringan 3.5G. Kecepatannya setara 480kbps.

Jaringan 4G

Nah, inilah jaringan terbaru yang sekarang tengah digandrungi oleh banyak pengguna aktif internet. Jaringan 4G adalah teknologi jaringan keempat yang umumnya dipakai untuk perkembangan teknologi jaringan pada telepon seluler. Jaringan 4G Indonesia sendiri ada sekitar tahun 2013.

Baca Juga : Keuntungan Gunakan Provider Internet Tercepat Di Smartphone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *