Perkembangan Virtual Reality Yang Berjalan Tak Kalah Seperti Smartphone

Masyarakat modern masa kini jelasnya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ponsel pintar alias smartphone. Kita pun menyadari kalau perkembangan smartphone berjalan dengan begitu pesat dari tahun ke tahun tak ada hentinya. Harus bisa diakui kalau memang teknologi berkembang secara terus menerus juga, sehingga menjadikan para vendor smartphone pun gencar untuk meluncurkan produk-produk baru bersama teknologi terbaru. Termasuk di tahun 2017 ini pula. Nah, menariknya lagi adalah hal ini tak hanya terjadi pada smartphone saja. Perangkat Virtual Reality atau VR semakin kesini semakin menampakkan eksistensinya. Perkembangan juga terus ditunjukkan oleh perusahaan pengembang perangkat VR dengan hadirnya produk perangkat VR yang baru bersama spesifikasi-spesifikasi yang menarik.

Bukan hal yang tidak mungkin kalau perkembangan perangkat virtual reality akan berjalan sama seperti pekembangan smartphone, yakni berjalan pesat bersama hadirnya teknologi-teknologi terkini. Pada tahun 2017 ini sendiri seperti yang kita lihat, virtual realily semakin jadi teknologi yang hits. Popularitasnya semakin menjadi saja. Untuk saat ini memang perkembangan yang terjadi pada perangkat VR masih sebatas itu-itu saja, akan tetapi perkembangan tersebut diperkirakan bakal terus berlangsung hingga tahun 2021. Sehingga sangat memungkinkan kalau perkembangan virtual reality akan menyamai dengan pesatnya kecanggihan perkembangan smartphone. Sediikitnya bisa kita lihat bahwa awal kemunculan teknologi ini memerlukan perangkat komputer sebagai platformnya. Namun tidak dengan sekarang, perangkat VR pun dapat disambungkan dengan sangat mudah ke smartphone sebagai layar atau platformnya.

Sekarang ini sendiri di tahun 2017 perangkat VR yang banyak dipilih oleh konsumen setidaknya ada 3 jenis. Yang pertama adalah Virtual Reality Mobile yang memerlukan dua alat utama yakni ponsel pintar yang mendukung perangkat VR dan satu lagi adalah kacamata VR pastinya. Kemudian jenis yang kedua adalah dekstop VR, dimana jenis perangkat VR ini membutuhkan sambungkan PC yang perkembangannya lebih dahulu dibandingkan dengan VR Mobile. Sedangkan satu lagi yang tak kalah populer adalah jenis Console VR, jenis perangkat VR yang hanya digunakan dengan sebuah console tertentu seperti PlayStation VR (PSVR).

Diprediksikan dari ketiga jenis VR tersebut, nantinya yang bakal mengalami perkembangan lebih pesat adalah VR Mobile. Karena seperti yang kita tahu kalau sekarang ini smartphone telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Semakin modern gaya hidup masyarakat, maka tentu permintaan akan perangkat dengan teknologi canggih akan terus terjadi semakin baik. Tidak terkecuali para pengguna smartphone yang semakin banyak yang ingin untuk menjajal keseruan menggunakan perangkat VR dengan ponselnya. Bahkan sekarang ini sendiri para vendor smartphone mulai melirik untuk berlomba-lomba menghadirkan teknologi dukungan perangkat VR pada produk smartphone yang dipasarkan. Oleh sebab itulah, bisa untuk dikatakan kalau nantinya perkembangkan perangkat virtual reality akan menyamai dengan perkembangan smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *