Seperti Apa Perkembangan Teknologi Virtual Reality?

Seperti Apa Perkembangan Teknologi Virtual Reality?

Virtual Reality alias VR memang bukanlah sesuatu yang baru di dunia teknologi. Kehadirannya sudah cukup lama. Akan tetapi popularitas dari teknologi yang ciamik ini baru saja menanjak sekitar mulai tahun 2014. Diperkirakan perkembangan VR akan terus terjadi dan semakin menarik dari tahun ke tahun. Lantaran juga perusahaan teknologi ternama dunia pun kini berlomba-lomba rajin untuk turut mengembangkan teknologi ini. Pada tahun 2017 ini sendiri jenis perangkat VR yang paling populer adalah Mobile VR, kemudian Dekstop VR dan juga Console VR. Diantara ketiganya, yang menunjukkan perkembangan lebih ciamik adalah pada Mobile VR atau perangkat VR yang pamakaiannya menggunakan smartphone sebagai platform atau layarnya.

Kalau dibandingan dengan perkembanganb smartphone, memang perjalan dari berkembangan perangkat VR tidak lebih baik. Namun diprediksikan beberapa tahun kedepan nanti perkembangan VR tak kalah pesatnya dengan perkembangan smartphone. Transisi ke VR merupakan sebuah tantangan yang berbeda. Masalah yang lain, aplikasi serta konten untuk VR awal kemunculannya masih sangat minim. Bahkan tidak semua PC dapat mendukung teknologi VR. Pengaplikasiannya pun belum merambah ke lini lainnya selain di dunia hiburan. Penyebaran yang kurang merata pun jadi bagian faktor mengapa perangkat VR cukup susah untuk dijangkau di awal kehadirannya. Apalagi juga harganya pun lumayan mahal. Di Indonesia sendiri produk kacamata VR rata-rata masih dibanderol dengan harga di atas 5 juta rupiah. Tentu bukan banderol yang murah memang.

Akan tetapi perkembangan teknologi yang terjadi dengan terus diiringi oleh perkembangan masyarakat modern menjadikan perangkat virtual reality juga memiliki kemajuan sampai di tahun 2017 ini. Sekarang perangkat VR tidak cuman hadir bagi para pengguna PC saja, akan tetapi juga sudah semakin populer dikembangkan ke smartphone. Seperti yang disampaikan tadi juga. Bahkan menariknya lagi adalah beberapa vendor smartphone ternama telah meluncurkan produk kacamata VR untuk mendukung smartphone besutannya yang sudah dilengkapi dengan adanya teknologi pendukung virtual reality. Potensi kesuksesan VR pada smartphone pun diprediksi jauh lebih baik dibandingkan dengan VR pada PC. Bahkan smartphone diprediksi akan menjadi garis tedepan bagi pasar perkembangan teknologi virtual reality.

Seperti yang kita tahu juga kalau perkembangan smartphone dari waktu ke waktu terjadi dengan begitu pesat. Tak butuh waktu yang lama untuk menantikan teknologi baru yang ciamik hadir pada smartphone. Sehingga dengan begitu, harapan perkembangan VR pun cukup besar bertumpu pada perkembangan smartphone yang telah mendukung teknologi canggih yang satu ini. Apalagi juga sekarang pun para produsen perangkat VR tengah selalu berusaha untuk menghadirkan inovasi-inovasi yang menarik pada produk perangkat VR yang dipasarakannya. Terlebih di titik teknologi pastinya yang semakin kesini jelas selalu ingin hadir dengan teknologi terbaik dan tercanggih. Perangkat VR sekarang ini sudah memiliki spesifikasi-spesifikasi yang menarik, ditengah persaingan para vendor perangkat VR yang juga terjadi. Tentunya para vendor perangkat VR ingin menyuguhkan perangkat VR yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *