Pengaruh Kerjasama Antar Negara di Bidang peternakan terhadap Kesejateraan Peternak Sapi

Usaha peternakan sapi di indonesia dengan selandia baru membawa kabar gembira bagi para peternak dan pengusaha hewa berkaki empat tersebut, di mana mereka dapat lebih mengembangkan usaha sapi yang selama ini digelutinya. Seperti kita ketahui bahwa terdapat dua daerah yang menjadi penghasil ternak terbesar di kawasan Timur Indonesia, di mana kedua daerah tersebut adalah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah. Tujuan dari para peternak selain untuk mencapai keuntungan secara material untuk kesejahteraan ekonominya, mereka juga memiliki tujuan untuk memberikan pasokan daging serta susu berkualitas yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas, sehingga gizi seimbang dari daging sapi dan juga susu dapat terpenuhi dengan baik.  Apalagi di Indonesia sendiri pasokan sapi untuk menunjang acara – acara besar keagamaan seperti idul fitri dan idul adha seringkali tidak mencukupi kebutuhan dari pasokan yang ada, sehingga membuat pemerintah harus mengambil beberapa solusi pintar untuk mengatasi masalah tersebut.

Salah satu pemecahan masalah terhadap kurangnya pasokan sapi di Indonesia adalah dengan menarik investasi dari Negara lainnya agar mau menanamkan modalnya di Indonesia khususnya bagi bidang peternakan. Kerjasama untuk menanamkan modal pada peternakan sapi diharapkan dapat membuat pasokan sapi di Indonesia tetap tercukupi dengan baik, serta dapat menghasilkan daging – daging sapi super yang berkualitas. Selain itu dengan adanya kerjasama investasi bagi peternakan sapi seperti yang telah dicanangkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para peternak sapi itu sendiri. Sehingga mereka dapat lebih fokus pada peternakan sapi yang dimiliki, dan juga dapat memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya melalui sapi – sapi yang dipeliharanya. Pemeliharaan sapi dengan cara yang baik dan benar seperti memperhatikan pakan dan kandang sapi serta kesehatan dan kebersihannya, maka akan menghasilkan sapi – sapi yang berisi dan berkualitas, sehingga memiliki daya jual yang tinggi.

Daya jual yang tinggi terhadap seekor sapi yang berkualitas akan mampu meningkatkan kesejahteraan para peternak sapi, sekaligus dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di bidang peternakan melalui adanya usaha peternakan sapi di Indonesia dengan selandia baru yang berada di bawah naungan BKPM secara berkesinambungan dan diharapkan dalam jangka waktu yang panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *